Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Matius 11:28 Believe In God

Renungan Matius 11:28 Believe In God

Believe In God Oleh Retno Zevanya

Matius 11:28 “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Setiap manusia pasti memiliki pergumulan dalam hidup, tidak ada yang tidak memiliki pergumulan sama sekali. Karena hidup dan pergumulan seperti sudah menjadi satu paket dan tidak bisa dipisahkan. Namun, apa sih yang Tuhan mau dalam hidup Anda, saat pergumulan datang dalam kehidupan Anda. 

Dalam Matius 11:28 dikatakan “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Tuhan mau supaya Anda datang kepada Tuhan, Tuhan mau supaya Anda mencari Tuhan dan meminta pertolongan dari Tuhan atas setiap pergumulan yang Anda alami. Tuhan tidak pernah tinggal diam atas hidup Anda, Tuhan rindu untuk Anda datang menghampiri tahkta-Nya dan berseru kepada-Nya.

Dalam Matius 11:28, Tuhan berkata “Marilah kepada-Ku” Tuhan memberikan perintah kepada Anda, untuk Anda datang kepada Tuhan. Tuhan mau dan rindu untuk Anda datang kepada Tuhan, menceritakan setiap pergumulan Anda dan menaruh rasa percaya Anda pada Tuhan, bahwa Tuhan sanggup menolong Anda. 

Tuhan mau ketika Anda ada dalam pergumulan Anda mencari pertolongan Tuhan, bukan pertolongan orang lain. Kita hidup di dalam dunia yang rapuh dan diri kita yang lemah dan berdosa. Panggilan lembut Yesus untuk datang kepada-Nya, merupakan kasih karunia yang memberikan kekuatan, sukacita dan gairah baru untuk hidup. Memang tidak ada salahnya ketika Anda bercerita kepada keluarga, sahabat, ataupun teman, namun mereka tidak pernah dapat benar-benar menolong Anda. karena mereka pada dasarnya adalah seseorang yang memiliki persoalan hidup. 

Tuhan mau supaya Anda, ketika ada dalam pergumulan yang dicari pertama kali adalah Tuhan bukan orang lain. Ia mau supaya kita mengenal Dia, bukan hanya itu kita dapat melihat kasih-Nya. Pengampunan dosa yang Dia berikan kepada kita, karena pada dasarnya kita adalah pendosa yang layak binasa, pendosa yang memusuhi Allah. Maka, panggilan untuk datang kepada Kristus, melihat kepada Dia yang telah disalibkan dan menerima hidup baru dan pengampunan, perjalanan untuk semakin serupa dengan Yesus, merupakan kasih karunia yang melimpah dari Allah sediri melalui Kristus Tuhan kita.

“Marilah” disini juga merujuk pada arti percaya, ketika Anda datang kepada Tuhan berarti Anda percaya kepada Tuhan, bahwa hanya Tuhan yang sanggup menolong Anda. Ketika Anda datang kehadirat Tuhan, itu adalah satu titik dimana Anda menaruh rasa percaya Anda pada Tuhan, bahwa Tuhan sanggup menolong Anda.

“Kepada-Ku” Sangat jelas bahwa Tuhan mau supaya Anda datang kepada Tuhan, bukan orang tua, teman, atau pun sahabat Anda, tapi kepada Tuhan Yesus.

“Semua yang letih lesu dan berbeban berat” dosa begitu menjerat manusia, sehingga manusia hidup di dalam dosa dan itu membuat manusia merasakan beban yang sangat berat, karena manusia harus menanggung dosa itu sendiri. Namun ketika Anda mau datang dan mau mengakui semua beban yang Anda rasakan, maka Anda akan merasakan “Kelegaan.” Kelegaan yang Tuhan tawarkan tentu bukan kelegaan yang bersifat sementara, namun kelegaan yang bersifat kekal. 

Ketika Anda mau sungguh-sungguh untuk datang kepada Tuhan, Anda mau mengakui bahwa Tuhan satu-satunya Juru Selamat dalam hidup Anda, maka kelegaan itu dapat Anda rasakan. Dan segala beban, segala masalah dan persoalan yang Anda alami, sekalipun ada, itu tidak akan mempengaruhi suka cita Anda. 

Carilah kelegaan yang bersumber dari Tuhan, maka kelegaan yang akan Anda dapatkan akan bersifat kekal dan tidak akan sia-sia. Ketika Anda mencari kelegaan yang ada di dalam dunia, yang akan Anda rasakan hanya kelegaan yang bersifat sementara dan sia-sia. Beristirahatlah dalam kasih karunia Tuhan, lihatlah pada kebenaran kasih-Nya yang memberikan kita sumber pengharapan hidup. 

Datang kepada Tuhan bukanlah hal yang sulit, namun seringkali Anda sendiri yang mempersulit diri untuk datang kepada Tuhan. Kita perlu bertobat dari kehidupan yang seringkali mengabaikan kasih Tuhan sampai akhirnya kita tidak mampu melakukan apa-apa. Kiranya Roh Kudus, terus membawa kita pada kasih Yesus yang lembah lembut dan benar-benar melegakan. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Matius 11:28 Believe In God "