Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Mazmur 23:1 Don’t Be Afraid

 

Renungan Mazmur 23:1 Don’t Be Afraid

Don’t Be Afraid Oleh Retno Zevanya

Ayat Alkitab Mazmur 23:1

Mazmur 23:1 (TB) Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Seringkali saya dan Anda merasa takut dan khawatir. Terutama saat saya dan Anda sedang berada dalam pergumulan ataupun masalah-masalah yang ada ataupun saat sedang memikirkan masa depan, rasa takut dan khawatir itu sering kali muncul. 

Tapi jangan sampai rasa takut dan khawatir itu yang menguasai diri Anda sehingga Anda tidak melakukan sesuatu. Anda perlu menyerahkan rasa takut dan khawatir itu kepada Tuhan, sehingga Tuhan akan memberikan kekuatan kepada Anda untuk mengalahkan rasa takut dan khawatir yang Anda rasakan. Tuhan sendiri yang akan memberikan penghiburan kepada Anda, sehingga segala rasa takut dan khawatir yang Anda rasakan, sekalipun ada, tetapi tidak akan menguasai hati Anda. 

Di dunia ini tidak ada garansi bahwa ketika Anda mengikut Tuhan Yesus, maka tidak ada masalah sama sekali. Anda tidak bisa mengharapkan tidak ada masalah sama sekali dalam kehidupan di dunia. Tapi, janji Tuhan adalah Dia akan selalu beserta dengan Anda. Dia akan menjaga Anda dan Dia akan menyediakan segala sesuatu yang Anda perlukan. Meskipun Anda berada dalam lembah kekelaman sekalipun, Dia tidak akan pernah meninggalkan Anda.

Dalam Mazmur 23, mendapat gambaran bahwa Tuhan sebagai gembala, Dia menjadi Gembala yang baik untuk domba-dombaNya. Gembala yang baik tentu tidak akan membiarkan domba-Nya berada dalam bahaya. Saat berada dalam bahaya, tentu Gembala akan mencari cara untuk menyelamatkan dombaNya dari bahaya sehingga dombaNya bisa terlepas dari bahaya. 

“Tuhan adalah gembalaku”

Ketika ada seekor serigala dihadapan seekor domba, hal yang akan dilakukan domba adalah mencari gembalanya. Ketika domba itu memastikan ada gembala didekatnya, domba itu akan merasa aman dan tidak lagi merasa takut. Keberanian yang sesungguhnya yang harus dimiliki seekor domba adalah keberanian untuk percaya kepada Gembalanya.

 Mungkin Anda juga pernah atau mungkin sekarang sedang merasa takut dengan sesuatu, tapi dari ayat ini Anda bisa merenungkan dan melepaskan segala rasa takut yang Anda alami. Belajar untuk tidak merasa takut lagi dengan apa pun yang ada di depan Anda, karena Yesus, Dia yang akan selalu menolong Anda, jadi Anda tidak perlu lagi merasa takut dengan apa pun yang ada di depan Anda. 

Dalam Yohanes 14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.” Tuhan mau supaya Anda percaya kepada Tuhan dan tidak merasa takut dan khawatir dengan semua masalah yang dihadapi. Kalau Anda punya Tuhan, Anda tidak perlu lagi merasa takut dan khawatir.

“Takkan kekuran aku”

Dalam bahasa Ibrani “Lo Ekhsor” yang artinya Tuhan saja cukup. Hal ini berarti Tuhan saja cukup dalam hidup Anda. Saat Anda punya Tuhan dalam hati dan dalam hidup Anda, maka Tuhan saja sudah cukup, karena segala sesuatu sumbernya dari Tuhan. “Takkan kekurangan aku” hal ini juga menggambarkan setiap apapun yang Anda butuhkan Tuhan yang akan menyediakan. Dan setiap apa yang Tuhan sediakan selalu hal yang akan mendatangkan kebaikan bagi Anda. 

Seorang gembala tidak mungkin akan memberikan racun untuk domba-dombanya, begitu juga Tuhan sang Gembala Agung, sebagai Gembala tentu Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk domba-dombaNya. 

Saya mengajak Anda untuk kita sama-sama belajar percaya kepada Tuhan dengan sepenuh hati kita, sampai kita mengatakan “aku tidak takut bahaya”

“Kebaikan Tuhan berarti Dia akan membimbing, menjaga, melindungi, mengarahkan, dan menyelamatkan Anda. Itu hany datang dari Yesus, Gembala kita yang baik.” ~ Rick Warren -

Posting Komentar untuk "Renungan Mazmur 23:1 Don’t Be Afraid"