Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan 1 Korintus 13:13 Paling Besar Di Antaranya Ialah Kasih

1 Korintus 13:13 Paling Besar Di Antaranya Ialah Kasih

Renungan Saat Teduh 03 Oktober 2023

1 Korintus 13:13 (TB) Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Sifat utama dari kasih adalah kelembutan yang berasal dari Roh Allah, yaitu Roh Kudus sehingga adanya kerendahan hati yang selalu sadar bahwa diri ini adalah ciptaan fana yang penuh dosa. Kasih sejati lahir dari kasih Allah yang telah dinikmati, semua itu berasal dari kasih Kristus kepada diri Anda dan saya.

  • Apakah Anda telah menikmati kasih Yesus?
  • Siapakah Yesus bagi Anda?
  • Bagaimana Anda memaknai Injil yang memberitakan kasih Yesus bagi diri Anda?

Ketika kita percaya kepada Yesus, hal utama yang harus terjadi pada diri kita adalah mengerti dengan jelas, bahwa kita orang berdosa yang layak binasa. Sehingga dari pengertian inilah kita memiliki pengharapan yang didasarkan pada iman kepada karya keselamatan yang berasal dari Yesus.

Kita dapat merenungkan salib, sebagai hal utama yang mengubahkan hati kita, kita tahu bahwa kita orang berdosa yang sangat celaka. Pada saat yang sama kita juga tahu kita telah diselamatkan dari dosa dan hidup bagi Allah, sehingga kita dikasihi dan dimampukan untuk mengasihi sesama kita.

Tidak ada gunanya  semua hikmat, semua kemampuan, semua hal di mana kita dapat melayani dan dapat melakukan banyak mujizat. Jika tidak ada kasih di dalam diri kita, kasih di dalam diri kita memancarkan kasih Allah, melalui kasih Allah kita dapat mengasihi sesama kita dan memberitakan kasih karunia Tuhan Yesus.

Jadi marilah kita terus merenungkan kasih Kristus (Filipi 2:1-11), sehingga kasih yang besar itu meresap ke dalam hati dan pikiran. Hati kita dilembutkan, keangkuhan kita ditundukan sehingga lahir kerendahan hati untuk melihat dunia dengan jelas, bahwa banyak jiwa-jiwa yang harus dikasihi, mengerti kasih Yesus melalui kasih kita.

Untuk memiliki kasih, kita harus semakin dekat dengan Kristus, semakin menyerahkan diri kita dipimpin oleh Roh Kudus. 

Doa; Tuhan Yesus terimakasih telah mengingatkan kami tentang kasih-Mu, terimakasih telah melepaskan kami dari dosa karena kasih-Mu. Maka dari itu kami menyerahkan kehidupan kami untuk selalu dipimpin oleh kasih-Mu, melalui Roh Kudus-Mu sehingga kami dimampukan menyatakan kasih-Mu kepada dunia ini. Di dalam mana Yesus kami berdosa, Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan 1 Korintus 13:13 Paling Besar Di Antaranya Ialah Kasih"