Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Galatia 2:16 Oleh Karena Iman Dalam Kristus Yesus

Galatia 2:16 Oleh Karena Iman Dalam Kristus Yesus

Renungan Saat Teduh 21 Oktober 2023 

Galatia 2:16 (TB) Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: ”tidak ada seorang pun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.

Iman Kristen tidak didasarkan pada kepatuhan kita atas hukum-hukum dan aturan-aturan yang ada. Kita tidak menjadi lebih baik dan lebih benar di hadapan Allah hanya karena taat melakukan aturan hidup baik itu moralitas dan segala hal yang dapat membawa kita  pada pujian dari orang-orang yang melihat kebaikan dan pencapaian kita.

Kekristenan membawa kita pada fakta kegagalan moralitas, kelemahan yang mendalam di dalam diri setiap kita dan keinginan untuk selalu melawan hukum dan berlaku munafik. Semua perbuatan yang salah dan tidak benar lahir dari diri kita karena kita orang berdosa. Apa yang kita lakukan untuk diri sendiri dan bukan untuk Allah dan bukan berdasarkan ketaatan pada Allah, semua itu adalah buah nyata  dari hati dan pikiran kita yang memberontak terhadap Allah.

Dosa pada dasarnya adalah kematian kekal, orang mati tidak akan dapat melakukan apa-apa untuk orang yang hidup. Orang mati hanya terdiam dan dikendalikan oleh dosa yang membawa dirinya semakin jauh dari Allah. Maka dari itu, kematian Yesus di atas kayu salib, menjadi gambaran nyata dari kematian kita di dalam dosa.

Yesus mati di dalam dosa yang tidak pernah Dia lakukan, karena Dia bukan orang berdosa dan keberdosaan tidak dapat menguasai Yesus. Yesuslah orang benar yang sangat sempurna, hidup dalam hukum yang tidak membuat dirinya gagal, “melainkan Dia taat sampai mati” (Fil. 2:8) karena ketaatan Kristuslah kita sekarang tahu “bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat” melainkan karena percaya kepada Yesus dan bertobat dari segala dosa.

Jadi ketika kita percaya kepada Yesus, kebenaran Yesus diberikan ke dalam diri kita, seolah-olah kitalah yang melakukan segala hal yang benar. Dan ketika Yesus mati di atas kayu salib, seolah-olah Yesuslah yang melakukan semua dosa. Inilah dasar keselamatan kita, iman kepada Yesus Kristus, kebenaran yang memerdekakan kita dari dosa sehingga kita dapat hidup bagi Dia dan untuk kemuliaan-Nya.

Doa; Bersyukur karena kasih-Mu  yang besar memberikan kami kehidupan yang baru ketika kita menyadari dosa-dosa kami. Sehingga kami dimampukan untuk bertobat dari segala dosa kami untuk memiliki iman yang  terus bertumbuh ke Engkau Yesus Kristus Tuhan dan penebus kami. Jadi berikanlah kami hari ini kekuatan untuk  terus kuat dan hidup kami memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Yesus, Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Galatia 2:16 Oleh Karena Iman Dalam Kristus Yesus"