Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Pengkhotbah 3:1 Segala Sesuatu Ada Masanya

Foto oleh Tom Swinnen: pexels.com

Pengkhotbah 3:1 (TB) Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

Segala yang terjadi di dalam dunia tidak ada yang kekal ataupu abadi. Semunya fana dan akan ada masanya semua berlalu. Demikian juga dengan kehidupan Anda, apapun yang terjadi dalam hidup Anda, baik Anda menyukainya ataupun Anda tidak menyukainya semuanya akan berlalu karena semua memiliki masanya sendiri-sendiri. begitu juga dengan musim kehidupan Anda yang akan terus berubah. 

Dalam Pengkhotbah 3:2-8 dikatakan bahwa “ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.” 

Setiap hal memiliki waktunya masing-masing. Setiap pertemuan akan ada perpisahan, sekalipun Anda tidak menyukai pertemuan tersebut ataupun Anda tidak menyukai perpisahan tersebut tetapi keduanya pasti akan terjadi. Buatlah moment yang indah di setiap waktu yang sudah Tuhan berikan untuk hidup Anda, pergunakan waktu Anda dengan baik untuk Anda membuat moment-moment yang indah bersama orang-orang yang Anda sayangi. Tetapi lebih dari itu, buatlah moment yang indah dalam hidup Anda bersama dengan Tuhan, dengan Anda terus merenungi setiap kebenaran Firman Tuhan.

Seperti musim kehidupan yang akan terus berganti, demikian juga dengan musim kehidupan Anda yang akan terus berganti. Akan ada saat dimana musim kehidupan Anda berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan, tetapi akan ada juga saat di mana musim kehidupan Anda tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Namun satu hal yang harus Anda sadari bahwa seberat apapun, sesulit apapun musim yang terjadi dalam kehidupan Anda, Anda memiliki sang penolong Agung yaitu Allah yang akan terus menolong Anda untuk melewati setiap musim kehidupan Anda. Ketika Anda berjalan dengan Allah maka segala sesuatunya akan berakir dengan indah, sekalipun harus diawali dengan tangisan. Allah yang akan membuat segala sesuatunya berakhir dengan indah, Anda hanya perlu untuk terus percaya, berharap dan mengandalkan Allah dalam kehidupan Anda. Seperti yang dikatakan dalam Pengkhotbah 3:11 “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.”

Sepandai apapun manusia, tidak ada satupun yang dapat menyelami pekerjaan Allah. Itu sebabnya Anda harus terus menyerahkan kehidupan Anda pada Allah, menyerahkan setiap musim kehidupan Anda pada Allah. Maka Allah sang penolong Agung, akan menuntun setiap Langkah Anda dan akan menolong Anda dalam setiap musim kehidupan Anda.

Posting Komentar untuk "Renungan Pengkhotbah 3:1 Segala Sesuatu Ada Masanya"