Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Korintus 1:3-4 Menghibur Dalam Segala Penderitaan

2 Korintus 1:3-4 Menghibur Dalam Segala Penderitaan

Renungan Saat Teduh 05 Oktober 2023

2 Korintus 1:3-4 (TB) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

Kebangkitan Kristus, merupakan sumber penghiburan sejati ketika Anda dan saya ada di dalam penderitaan yang sangat mengerikan. Ketika kita menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita menjadi musuh sih jahat. Kita tidak lagi hidup dalam persekutuan yang tidak memuliakan Tuhan. Kita dihidupkan kembali, hasrat kita berubah, keinginan kita untuk bersekutu dengan Tuhan begitu kuat.

Paulus mengalami Kristus, Dia percaya kepada Yesus dan mempercayakan hidupnya kepada Kristus, untuk melayani Dia, memberitakan nama-Nya. Pelayanan Paulus tidaklah mudah, ia berkali-kali hampir mati dan penderitaan yang Paulus alami begitu mengerikan. “Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati.” (2 Korintus 1:9).

Ketika ada di dalam kegelapan, karena melayani Tuhan, Paulus mendapatkan Pelajaran berharga. Bahwa bukan dirinya, melainkan karena karunia Tuhan saja, bukan lagi dirinya sendiri yang ia andalkan, melainkan kepercayaan kepada Tuhan yang dapat membangkitkan orang-orang matilah sumber pengharapan yang membuahkan penghiburan sejati di dalam hatinya.

Sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk taat melakukan kehendak Allah dan itu tidaklah mudah. Ketika kita harus melakukan pekerjaan yang sangat sulit, untuk menyatakan kebenaran, hanya Allah sendirilah pengharapan kita, kita perlu terus mengingat bahwa Yesus telah mati disalibkan dan telah dibangkitkan. Untuk memberikan kepada kita yang juga percaya kepada-Nya, kebangkitan dari kematian.

Dan kini, di dalam Kristus ketika kita merenungkan Dia, keindahan-Nya, kita memperoleh penghiburan. Ketika kita memperoleh penghiburan, kita dapat melayani sesama kita dengan cara menyatakan sukacita kita yang berasal dari Kristus, Dia begitu indah, Dia begitu mulia, Dia hadir ke dalam dunia ini untuk menyelamatkan kita dan kita berdasarkan kasih karunia-Nya diutus untuk memberitakan keselamatan yang berasal dari-Nya. Inilah penghiburan yang dapat kita bagikan kepada sesama kita. 

Penderitaan akan selalu ada, namun kasih karunia Tuhan begitu besar sehingga kita dan orang-orang percaya lainnya dapat percaya dan berpengharapan bahwa pada akhirnya kebangkitan dari kematia adalah sukacita yang kekal yang kita perjuangkan dan kerjakan di hari-hari yang sulit saat ini.

Doa; Tuhan Yesus kami bersyukur karena pengharapan yang ada di dalam Engkau, karena kasih-Nya dan pengharapan akan kebangkitan dari kematian yang menjadi sumber penghiburan kami. Bawalah kami untuk selalu berharap, percaya dan menaruh hidup kami di dalam janji-janji-Mu yang kekal. Di dalam nama Yesus kami berdoa, Amin.

Posting Komentar untuk "2 Korintus 1:3-4 Menghibur Dalam Segala Penderitaan"